...........................................................

Renungan Al Quran

RIZKI

Masa era tahun 80an kita sering mendengar salah satu petikan petuah dari syaik dangdut Rhoma Irama “ Seribu satu macam cara orang cari makan, dari menjual koran sampai menjual kehormatan….
Sebagai manusia kadang kita lupa bahwa Rizki itu datangya dari Allah sehingga ketika kita mencari rizki sering kita mengabaikan tentang kebersihan serta keberkahan rizki yang kita cari.

Seperti yang telah disebutkan oleh Allah dalam Surat Adzariyat ayat ke 58
" Sesungguhnya Allah Dialah Maha pemberi rezki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh."

Atau yang disebutkn oleh Allah dal firmannya di QS Al ankabuut : 17, 60 dan 62
17. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta[1146]. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; Maka mintalah rezki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. hanya kepada- Nyalah kamu akan dikembalikan.
[1146] Maksudnya: mereka menyatakan bahwa berhala-berhala itu dapat memberi syafaat kepada mereka disisi Allah dan ini adalah dusta.
60. dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
62. Allah melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba- hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.
Mak kitra sebagi insan janganlah merasa takut tentang rizki kita, karena sebelum kita lahir sudah ditentukan rizki, jodoh dan mati kita.

Qs. Asyuura :12
12. kepunyaan-Nya-lah perbendaharaan langit dan bumi; Dia melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan(nya). Sesungguhnya Dia Maha mengetahui segala sesuatu.
Sebagai muslim kita harus yakin bahwa rizki itu datangnya dari Allah dan hanya Allah yang memberikan rizki pada kita, kadang-kadang kita sebagai hamba lupa bahwa karena sayangnya Allah kepada kita maka Allah cuma memberikan kita rizki sebatas saja, karena Allah lebih tahu sampai dimana batas kemampuan kita menerima rizki, kita tahu bahwa di negeri kita ini banyak orang yang mendapatkan materi lebih akan tetapi mereka salah dalam penggunaanya…mereka tidak bersyukur malah bermaksiat(naudzubillah)
27. dan Jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha melihat.
Maka sungguh berutunglah bila kita bisa menaruh dunia ini dalam menggengem dunia ini dalam tangan kita dan bukan menaruhnya dalalmhati kita.
Hanya kepada Allah kita berserah diri. Mudah-mudahan rizki yang ada pada kita bermanfaat dan di berkahi… amin…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "RIZKI"

Posting Komentar

Hadits Muslim