...........................................................

Renungan Al Quran

Tahun baru 1431 Hijriah




Tahun Baru 1431 Hijriah

Hari berganti bulan…
Bulanpun beralih ketahun…
Roda kehidupan kian meradang menapaki usia yang kian senja…
Esok saat mentari terbi semoga Allah meningkatkan iman kita…
Selamat Tahun Baru 1431 H

Hari ini tanggal 18 Desember 2009 di Pagi hari saat bangun pagi setelah shalat subuh aku melihat sebuah SMS di Hp ku, ada ucapan selamt menempuh tahun baru dan pengharapan Dia di tahun yang akan kita tapaki ini…..
Di tanah jawa tahun baru Hijriah berbarengan dengan dengan tahun baru saka yang dimulai dengan bulan suro, berbagai macam kegiatan diadakan di awal bulan ini, mulai dari grebeg suro di Kasultanan Jogja, pencucian senjata pusaka serta mandi dengan tujuh mata air dicampur bunga setaman.sungguh banyak sekali acara-acara yang diadakan dalm menyambut tahun baru Hijriah yang bertepatan dengan tahun baru saka tersebut..
Tahun baru hijriah mulai dicanangkan oleh Sahabat umar bin khattab pada tahun 17 Hijriah.Tahun baru hijriah tidak bisa kita pisahkan dari Sirah Nabi Muhammad SAW yang berhijrah dari Mekah ke madinah dengan ditemani shahabat dan pengikut beliau yang setia Abu Bakar Assidiq. Karena dengan adanya peristiwa tersebut maka dimulailah perhitungan tahun hijriah ini.
Peristiwa hijrahnya Rasullullah sungguh mengandung banyak nilai-nilai yang bersifat moralitas dan religius, Karena kebenaran yang mereka perjuangkan mereka rela meninggalkan kampung halaman melewati gurun pasir yang panas disiang hari dan dingin di malam hari disertai dengan ancaman pembunuhan. Kita juga mengenal sosok Abu Bakar, seorang bangsawan yang terhormat dan mempunyai kekayaan berlimpah yang rela menyertai Rasulullah untuk berhijrah ke madinah, tak lain dan takbukan hanya tentang kebenaran dan keimanan yang memang harus kita perjuangkan bersama-sama.
Memaknai tahun baru bukan hanya kita rayakan dan terlewat begitu saja, kita menyadari dengan bertambahnya umur kita berarti jatah kita untuk hidup di dunia ini semakin sedikit, maka kita sebagai insan yang mendapat amanah dimuka bumi ini harus segera berbuat menunaikan amanah tersebut. Karena apabila nafas telah sampai di tenggorokan kita maka sudah tidak ada gunanya lagi kita bertobat dan beribadah.
Tahun hijriah dimulai dengan bulan yang dinamakan muharram yang berarti mulia, jadi kita sama-sama mulai tahun ini dengan kemuliaan dan muidah-mudahan ditengah nya kita mulia serta kita tutup dengankemuliaan juga.. Amien..
Bulan muharram adalah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah selain bulan Rajab, Zulqaedah dan Zulhijjah.
Bila kita memuliakan bulan yang telah dimuliakn oleh Allah pada intinya kita memuliakan diri kita bukan memuliakan Allah, karena Allah sudah mulia tanpa campur tangan kita.
Seperti yang telah disebutkan oleh Allah dalam Qs. Al Anfal : 74 yang artinya” . Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (nikmat) yang mulia.”
Dan surat Annisa: 100 yang artinya” Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang “.

Mudah-mudahn dibulan yang mulia ini kita mampu berbuat baik srta menjadi titik balik kita untuk menuju perubahan dibulan-bulan berikutnya dan menjadi kebaikan kita selama umur hidup kita…
Amien.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tahun baru 1431 Hijriah"

Posting Komentar

Hadits Muslim